PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Festival Maulid Habsyi dan Lomba Busana Muslim

Sosial Budaya    8 tahun yang lalu   
   2799 Kali

Sumber Foto: Asisten IV Setkab Kukar H Bahrul saat membuka Festival Maulid Habsyi dan lomba Busana Muslim ditandai dengan pemukulan gendang kasidah, Senin (28/1) di Sekretariat Gerbang Raja Tenggarong.


TENGGARONG - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 H. Yayasan Majelis Taklim Al-Humairoh Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan Festival Maulid Habsyi dan Lomba Busana Muslim Pesta Remaja.
Kegiatan tersebut dibuka langsung Asisten IV Setkab Kukar H Bahrul ditandai dengan pemukulan gendang kasidah pertanda dimulainya festival yang berlangsung, Senin (28/1) di Sekretariat Gerbang Raja, Tenggarong.
Dikatakan Ketua Panitia Nur Hilaiyah festival habsyi tersebut diiukuti 69 peserta dengan kategori umum dan pelajar. Sementara lomba busana muslim sendiri diikuti 24 orang. "Kegiatan festival maulid habsyi dan lomba busana muslim ini diikuti oleh 16 Kecamatan," katanya.
Ditambahkan dia, dalam kegiatan ini para peserta akan berlomba dengan memperebutkan piala bergilir Bupati Kutai Kartanegara. "Festival ini merupakan yang kedua kalinya, dimana pemenang lomba habsyi kategori putri tahun 2011 dimenangkan oleh Kecamatan Sebulu dan Putra dimenangkan oleh Muara Kaman," jelasnya.
Ketua Umum Yayasan Al-Humairoh Hj Noor Aida mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin persatuan dan kesatuan dalam seni budaya yang bernuansa islami. "Ini merupakan peningkatan dalam majelis taklim yang ada di Kukar, Alhamdulillah sejak 2011 kami sudah mengadakan sosialisasi dan membentuk yayasan tingkat desa dan kecamatan untuk menjalankan amanah dalam program membesarkan syiar islam seni budaya keislaman," katanya.
Sementara itu mewakili Bupati Kukar Asisten IV H Bahrul dalam sambutannya menyambut baik atas kegiatan yang dilaksanakan Yayasan Al-Hmairoh tersebut dalam mempertahankan budaya seni berbasis islami.
Menurut dia pengembangan dan pembinaan budaya yang berbasis agamis dan moralistik sangat diperlukan dalam rangka untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta memiliki kemampuan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tidak meninggalkan budaya islam dan kearifan lokal yang menjadi napas dalam kehidupan sehari-hari.
"Saya sangat mendukung festival ini yang juga bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, kita jadikan momen ini sebagai introspeksi kita semua terhadap kualitas diri guna meningkatkan kecintaan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW," katanya.
Ditambahkan dia, ajaran akhlakul kharimah, spiritualitas, kesolehan sosial serta uswatun hasanah, sebagaimana yang dicontohkan harusnya menjadi pedoman hidup agar keberadaan yang kita jalankan pada saat keberagaman tidak melenceng dari Al-Quran dan Assunah, "Sesungguhnya pada diri Rasulullah SAW terdapat suri tauladan yang baik,". Tutupnya. (hmp4)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini39 pengunjung
Minggu Ini1.047 pengunjung
Bulan Ini4.615 pengunjung
Total Pengunjung74.896 pengunjung
Total Klik1.964.189 Kali