PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gerakan Infaq Beras Gelar Seminar Hijrah Qur’an 2021 Kutai Kartanegara

Sosial Budaya    3 minggu yang lalu   
Administrator    494 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar membuka Seminar Hijrah Qur’an yang digelar oleh Gerakan Infaq Beras dan Paskas ( Pasukan Anak Sholeh ) Kukar, di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong, Selasa ( 9/2/2021).

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pasukan Amal Sholeh (PASKAS), dan tak kalah pentingnya kepada kepada seluruh peserta, calon hafiz dan hafizah, yang berikhtiar untuk mendedikasikan diri menjaga otentifikasi kitab suci umat Islam dengan hafalannya, dan insya Allah, akan menjadi orang-orang yang dimuliakan karena-Nya.

Menurut Chairil kegiatan ini telah menunjukkan kepada kita, bahwa proses kaderisasi generasi Qur’ani di daerah ini, tak pernah berhenti dan terus berjalan, di tengah tantangan zaman pada era globalisasi dan digitalisasi dewasa ini. Keluhuran nilai-nilai ajaran Al-Qur’an, sebagai pedoman dan pandangan hidup manusia, perlu ditumbuh-kembangkan. Hal demikian diharapkan, akan membawa dampak signifikan, serta mempengaruhi sikap dan cara pandang kita, dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang hakiki, tambahnya.

Sebagaimana diketahui bersama, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah menerbitkan Peraturan Bupati No. 24 Tahun 2016 tentang Gerakan Etam Mengaji (GEMA). 

“Saat ini, peraturan bupati tersebut sedang kita bahas bersama DPRD untuk ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah, yang harapannya, cakupan dan capaiaan Gerakan Etam Mengaji dapat lebih optimal dalam implementasinya,” jelas Chairil.

Juga ada Program Da’i Masuk Desa, Kukar Berkah, 1 (satu) Desa 1 (satu) Hafidz Qur’an, bahkan Beasiswa khusus bagi para penghafal Al-Qur’an, dan berbagai program lainnya.

Tujuan dari berbagai program tersebut adalah bagian dari ikhtiar, dalam rangka membangun sumber daya manusia yang ber-akhlak mulia, sekaligus menyiapkan kader-kader generasi Qur’ani di daerah yang kita cintai ini. Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara tentu tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan, partisipasi, dan keterlibatan dari semua pihak termasuk dari PASKAS dan Gerakan Infaq Beras Kabupaten Kutai Kartanegara.

Untuk itu,Chairil berharap, melalui jalan kecintaan kita kepada Al-Qur’an, akan terbentuk masyarakat muslim Kutai Kartanegara yang bertaqwa, yang diberkahi dalam ridho Allah SWT, Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur.

Sementara itu menurut ketua panitia pelaksana Akhdiat mengatakan, kegiatan ini diikuti hanya 50 peserta Hafidz dan Hafidzah sesuai presedur protocol kesehatan. Kegiatan ini pada hakekatnya adalah perpindahan atau perubahan dari kebiasaan yang biasa biasa saja menjadi luar biasa, berpindah menjadi kebaikan. Sekaligus menciptakan generasi Qurani, generasi cinta Al Quran. Generasi Al quran merupakan generasi yang meyakini kebenaran isi Al Quran, mereka juga membaca, menghafal juga memahami dengan baik dan benar makna yang terkandung dalam Al Quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari, karena siapapun yang dekat dengan Al Quran akan mulia dan dimuliakan. 

Melalui kegiatan ini juga diharapkan mampu mencetak para hafidz hafidzah terbaik yang siap membawa nama Kukar di tingkat Provinsi sampai tingkat nasional. Dan ini juga sekaligus mendukung program Pemkab Kukar 1 desa 1 hafidz. Dan mencetak penghafal Al Quran yang Muttaqin. Tidak sekedar hapal namun mengerti arti dan makna ayat Al Quran . Program Paskes 1 rumah 1 hafidz, tambah Akhdiat.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini Ustadz Lutfan Khibar A’Lam pimpinan Pondok Tahfidz Millenial Ashqa dan Maryam Collage Pontianak Kalimantan Barat. (Prokom 03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini60 pengunjung
Minggu Ini1.105 pengunjung
Bulan Ini4.327 pengunjung
Total Pengunjung68.072 pengunjung
Total Klik1.752.842 Kali