PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gubenur Buka EXPO EIFAF

Sosial Budaya    9 tahun yang lalu   
   1569 Kali

Sumber Foto: Bupati Rita Widyasari saat berkunjung ke stand yang memamerkan hasil produk kerajinan Kelompok Usaha Bersama Perempuan (KUBP) yang menjadi program unggulannya dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan di Kukar.(joe)

TENGGARONG – Usai menyaksikan pembukaan Erau International Foklore and Art Fesitifal (EIFAF) 2013 Gubernur Kaltim Dr Awang Faruk Ishak di daulat untuk menggunting pita peresmian Expo EIFAF di Gedung Serbaguna Stradion Rondong Demang Tenggarong. Berbagai barang kerajian khas Kaltim yang terpajang di 50 stan diaperesiasi Gubernur dengan membeli untuk digunakannya.

Lokasi Expo EIFAF yang tidak jauh dari Stadion Rondong Demang Tenggarong tempat pembukaan EIFAF 2013 pembukaannya diresmikan oleh Gubernur Kaltim Dr Awang Faruk Ishak. Disaksikan Direktur Jendral (Dirjen) Pemasaran Kementerian Pariwisata, Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Esti Reko Rastuti, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari dan sejumlah undangan VIP lainnya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana EIFAF Edi Damansah expo ini selain untuk mendukung pelaksanaan EIFAF. Juga yang lebih penting adalah bagaimana produk kerajinan yang ditampilkan di ajang ini sebagai media promosi atas capaian kreativitas masyarakat pengrajin dalam meningkatkan pendapatan mereka. Dikatakan kerajinan khas daerah Kaltim dan Kutai khususnya ini patut di dorong perkembangannya. Karena bentuk, tampilan dan kegunaannya tidak kalah menarik dengan produk kerajinan di daerah lain di nusantara ini. “Kain tenun ulap doyo khas Dayak Benuaq,  sangat khas tiada duanya di dunia ini,” ujarnya.

Sementara Gubernur Kaltim Dr Awang Faruk Ishak mengapresiasi expo ini dengan membeli sejumlah barang yang dipamerkan diantaranya kain tenun dan tekstil bercorak suku pedalaman Kalimantan. Gubernur juga tertarik dengan mengkoleksi sejumlah soupenir dan asesoris perhiasan wanita. Hal yang sama juga dilakukan Dirjen Pemasaran Esti Reko Rastuti dan Bupati Kukar Rita Widyasari. Menanggapi pelaksaan EIFAF Gubernur Kaltim Faruk Ishak mengatakan mendukung dan mengapresiasi Permkab Kukar yang mampu melaksanakan even budaya terbesar di Kaltim ini dengan meriah. Menurutnya gelaran EIFAF bukan hanya merupakan profil seni budaya Kaltim dan Kutai khususnya namun di sisi lain sebagai bentuk edukasi bagi generasi muda kita untuk lebih mengenal budaya dan kebudayaan internasional.

“Seperti seni budaya benua Afrika, Eropah dan sebagian Asia Timur yaiutu Jepang dan Taiwan,” ujarnya. Sementara Dirjen Esti Reko Rastuti mengatakan bahwa Erau Adat Kutai yang dikemas melalui EIFAF 2013  sungguh bernuansa internasional di banding erau sebelumnya yang juga melibatkan negara manca negara. “Ke depan pelaksanaan erau lebih meriah lagi,” demikian ujarnya. 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini244 pengunjung
Minggu Ini2.938 pengunjung
Bulan Ini13.174 pengunjung
Total Pengunjung198.031 pengunjung
Total Klik7.982.996 Kali