PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kaltim Perlu Kembangkan Wisata Udara

Sosial Budaya    10 tahun yang lalu   
   1297 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG – Perjalanan udara dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju kota Raja Tenggarong ternyata membuat Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) RI Dr Sapta Nirwandar terkesan. Diapun mengusulkan pemerintah di Kaltim mengembangkan wisata udara sebagai objek wisata baru untuk menarik lebih banyak wisatawan.
Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan sambutan pembukaan Erau Adat Pelas Benua Etam (EPBE) di Stadion Madya Rondong Demang Tenggarong Minggu (1/7) kemarin. Menurutnya pengalaman dirinya bersama rombongan saat melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat helikopter atau chopper pada  Minggu pagi kemarin dari Bandara Sepinggan Balikpaan ke Tenggarong itu sungguh berkesan. “Saya kagum dan terkesan menyaksikan indahnya pemandangan alam Kalimantan dari udara,” ujarnya. Menurutnya dari udara kita bisa menyaksikan keunikan alam Kalimantan  dengan lika liku   sungainya, hutan belantara dan lokasi kawasan pertambangan yang sangat khas.

Diharapkannya potensi keindahan alam Kalimantan yang dapat disaksikan dari udara ini  ke depan perlu dikembangkan secara kratif oleh pemerintah daerah di Kaltim. Menyinggung tentang pelaksanaan EPBE 2012 menurut Wamenparekraf Dr Sapta Nirwandar merupakan manifestasi dari kebudayaan Kutai yang adiluhung. Oleh sebab itu wajar jika Erau terus dilestarikan sebagai bentuk stimulan bagi kehidupan warga di kawasan kesultanan Kutai. Diharapkan pula agar erau terus dipromosikan baik di dalam maupun di luar negeri secara intensif. Dia juga sempat mewanti wanti agar jadwal pelaksanaan Erau ditetapkan secara baku. Penetapan jadwal sangat penting jika dikaitkan dengan kalander kepariwisataan nasional dan internasional. “Jangan sampai jadwal Erau berubah ubah hanya karena untuk menyesuaikan dengan jadwal Bupati, Gubernur atau Menteri” ujarnya. Karena jadwal yang pasti menjadi acuan bagi wisatawan dan pihak terkait lainnya dalam kegiatan kepariwisataan.

Sementara Gubernur Kaltim Dr Awang Faroek Ishak mengatakan akan memberikan reward bagi Bupati/Walikota se Kaltim yang mampu mengembangkan sektor kepariwisataan di daerahnya. Menurutnya sektor  wisata sangat penting  karena selain potensinya di Kabupaten/Kota di Kaltim masih sangat besar juga  mampu memberikan  nilai tambah bagi penghasilan masyarakat. "Juga mendukung implementasi program Pemprov yaitu Kaltim Cemerlang," ujarnya. Pembukaan EPBE 2012 ini ditandai beberapa kegiatan diantaranya pembukaan kain selubung foto diri Calon Pahlawan Nasional Sultan Aji Mohammad Idris oleh Putra Mahkota Sultan Kutai Aji Pangeran Adipati Praboe Anum Suryadinigrat.  Disaksikan Wamenparekraf bersama  Pangeran Ngebe yang juga Gubernur Kaltim Dr Awang Faroek Ishak MM, Raden Among Surawati gelar dari Bupati Kukar Rita Widyasari SSos MM.(hmp4)  


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini43 pengunjung
Minggu Ini2.823 pengunjung
Bulan Ini11.607 pengunjung
Total Pengunjung275.671 pengunjung
Total Klik12.542.412 Kali