PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Plt Bupati dan Putera Mahkota Makan Bersama Dengan Masyarakat Kukar

Sosial Budaya    3 tahun yang lalu   
   383 Kali

Sumber Foto: Plt Bupati Kukar Edi Damansyah (2 kiri) bersama FKPD serta masyarakat Kukar makan bareng di acara beseprah.

TENGGARONG –Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Putra Mahkota Kesultanan Kutai Karanegara Ing Martadipura Aji Pangeran Prabu Anoem Surya Adiningrat,  duduk makan bersama puluhan ribu masyarakat dalam acara Beseprah di depan Kedaton Kesultanan Kutai Jalan Monumen Timur, Rabu (25/7).Acara Beseprah atau makan bersama tersebut digelar mulai pukul 08.00 untuk menyemarakkan Erau Adat Kutai dan Intenational Folk Art Festival (EIFAF) 2018.Sepanjang jalan Monumen Timur masyarakat duduk bersila dengan beralaskan kain terpal dan ambal untuk ikut Beseprah. Acata itu juga diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kukar, Sekda Kukar Marli, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar serta 6 delegasi kesenian mancanegara.

 Makan beseprah tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan bambu oleh Plt Bupati Kukar bersama dengan kerabat Kesultanan Kutai, FKPD dan sejumlah delegasi kesenian mancanegara. Edi dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan erau memang telah menjadi komitmen Pemkab Kukar untuk terus melestarikan adat dan tradisi asli Kutai, salah satunya yaitu makan Beseprah yang merupakan tradisi makan bersama pada keluarga kerajaan kesultanan Kutai. Sambil menikmati hidangan khas Kutai, makan beseprah ini merupakan bukti kedekatan kesultanan Kutai dangan rakyat yang biasa dirasakan sebagai tanda keakraban dan kekeluargaan. Dalam konteks pemerintahan saat ini, tradisi beseprah ini dapat dimaknai sama yaitu adanya kedekatan antara pemerintah dengan masyarakatnya.

“Dan dapat dijadikan ajang ramah tamah antara Pemerintah, Kesultanan dan seluruh lapisan masyarakat. Moment ini juga merupakan perwujudan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat yang diberikan di Kukar,” ujarnya. Edi juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada kesultanan Kutai dan seluruh stakeholder yang telah berpatisipasi mempersiapkan dan mendukung acara ini. Semoga semua sumbangsih yang diberikan mendapat limpahan ridho dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Dipenghujung acara beseprah Plt Bupati Edi, Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Dandim 0906/Tgr Letkol Bayu Kurniawan, PN Tenggarong Makmur, dan Sekda Marli serta sejumlah delegasi kesenian mancanegara ikut berjoget samrah bersama penari di atas panggung. (Abdul Rahaman/Medsi05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini98 pengunjung
Minggu Ini1.281 pengunjung
Bulan Ini5.502 pengunjung
Total Pengunjung102.768 pengunjung
Total Klik2.708.917 Kali