PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pulau Kumala Bersiap Hadapi Erau

Sosial Budaya    6 tahun yang lalu   
   1080 Kali

Sumber Foto: Resort Jauh Serasa Dekat Pulau Kumala.(joe)

TENGGARONG – Pelaksanaan Erau 2013 di kota Tenggarong   Kutai Kartanegara tinggal sekitar 2 pekan lagi. Persiapan ke arah itu mulai dilakukan.  Ikon   dunia kepariwisataan  seperti Pulau Kumala yang merupakan disneyland nya  Kalimantan  inipun ikut dibenahi.Menyambut pelaksanaan even kepariwisataan  terbesr di Provinsi Kaltim Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara 2014 sejumlah objek wisata di kota Tenggarong semakin dibenahi. 

Objek wisata rekreasi Pulau Kumala yang berada di tengah sungai Mahakam depan kota Tenggarong misalnya sejak sepekan terakhir ini dibersihkan oleh sedikitnya 100 pekerja. Mereka   selain memotong rumput liar yang selama ini tumbuh subur hampir  setinggi orang dewasa  juga membenahi sarana rekreasi yang mengalami kerusakan. Operasi membersihkan pulau Kumala ini dilakukan Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman pada Dinas Cipta Karya dan Tatat Ruang Kukar. 

Keberadaan Pulau Kumala Tenggarong yang luasnya mencapai 60 hektar saat ini bukan berada di bawah koordinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata namun ditangani   Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kukar. Namun  sebagai ikon pariwisata yang cukup diikenal masyarakat di Kaltim dan Kukar khususnya maka menghadapi Erau tahun ini objek wisata tersebut mau tidak mau oleh Pemkab Kukar tetap dibenahi.  Koordinator Pekerja kebersihan Arman saat ditemui Kamis (29/5) mengaku jika pekerja  yang membersihkan pulau kumala ini mencapai 100 orang. Menurutnya pekerjaan bersih-bersih ini akan tuntas  jelang pelaksanaan Erau yang akan dibuka pada Minggu (15/6) mendatang. Sementara Anggota Satpam Pulau Kumala Hendrik mengaku selama 2 tahun  terakhir ini semata hanya bertugas  menjaga aset Pemkab Kukar yang ada di Pulau Kumala. Seperti  bangunan resort dan hotel berikut fasilitasnya, bebrapa kendaraan roda 4, sarana rekreasi Sky Tower dan Kereta Gantung serta tmpat bermain anak anak.  

Karena sejak berakhirnya pengelolaan objek wisata  Pulau Kumala  oleh PT Parai Kumala maka praktis tidak ada kegiatan di Pulau Kumala. Hendrik berharap kedepan   objek wisata rekreasi pulau Kumala kembali beroperasi sesuai tujuan dibangunnya tempat wisata ini. “Yaitu  sebagai destinasi wisata terunik dan terbesar di Pulau Kalimantan,” demikian ujarnya. Pulau Kumala dibangun di masa kepemimpinan Bupati Prof Dr H Syaukani Hasan Rais pada tahun 2000 dan diresmikan pengoperasiannya saat pelaksanaan Erau  tahun 2003.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini85 pengunjung
Minggu Ini1.095 pengunjung
Bulan Ini4.646 pengunjung
Total Pengunjung75.047 pengunjung
Total Klik1.970.117 Kali