PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Puncak Pencanangan BBGRM Ke-19 di Kukar, Bupati dan Wabup Gotong Royong Bersama Masyarakat Loa Kulu

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    99 Kali

Sumber Foto: prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin menghadiri puncak pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19 di Kukar, bertempat di Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu pada Rabu (25/5/2022) pagi.

 

Jarak tempuh dari Tenggarong ke lokasi acara di Loa Kulu yang cukup dekat menjadikan bupati dan rombongan berangkat ke lokasi kegiatan ini dengan bersepeda sembari menikmati segarnya udara pagi. Sesampainya di Kecamatan Loa Kulu, tepatnya di Taman Eks Kayu Mas, rombongan disambut Camat Loa Kulu Adriansyah serta masyarakat. Tampak ramai di lokasi tersebut warga sekitar yang bergotong royong membersihkan sampah, hingga memangkas rumput liar yang berada di sekitar taman. 

 

Pada kesempatan itu, Bupati dan Wabup turut serta memangkas rumput liar yang berada di sekitar Taman Eks Kayu Mas menggunakan mesin potong rumput dan dilanjutkan dengan penanaman pohon serta menyerahkan bingkisan sembako kepada masyarakat.

 

Setelah itu rombongan bergeser menuju Desa Loh Sumber, lokasi utama kegiatan BBGRM Ke-19 di Kukar. Di lokasi tersebut Bupati dan Wabup melepas benih ikan lele, dan juga menanam pohon. Yang ditanam oleh Edi adalah pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri), sedangkan yang ditanam Wabup adalah pohon Kapur (Dryobalanops aromatica).

 

Edi Damansyah mengatakan BBGRM ini merupakan kegiatan rutin pemerintah, dilaksanakan setiap tahun. Berkaitan dengan maraknya pandemi Covid-19 dua tahun belakangan menjadikan kegiatan tersebut baru bisa dilaksanakan kembali pada tahun tahun ini.

 

Gotong royong, lanjutnya, merupakan tradisi turun temurun dari leluhur di Republik Indonesia. Berkenaan hal ini dirinya mengatakan terdapat program dedikasi Kukar Idaman berupa program Rp50 juta per Rukun Tetangga (RT), yang salah satunya peruntukannya mendorong agar terlaksananya kegiatan gotong royong di tingkat RT.

 

Apa yang telah dilaksanakan ini, menurut Edi bukan lah kegiatan seremonial semata. Karena hadirnya seluruh pemangku kepentingan dan pihak terkait membuktikan bahwa terbangunnya komitmen bersama. Gotong royong merupakan suatu kekuatan bangsa Indonesia, sehingga sudah selayaknya gotong royong dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.  

 

"Karena tidak ada persoalan yang tidak bisa kita selesaikan kalo kita kerjakan bersama wujudnya dalam bentuk gotong royong," ungkap Edi.

 

Berkaitan dengan itu, Pemkab Kukar melalui program Kukar Idaman 2021-2026 menggemakan jargon berupa "Betulungan Etam Bisa", jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia Gotong Royong Kita Bisa. Salah satu tujuannya bahkan menjaga tradisi leluhur yang merupakan kekuatan bangsa Indonesia.

 

BBGRM kali ini diharapkannya menjadi motivasi dan dorongan kepada seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa, hingga Ketua RT untuk mengkoordinir masyarakat yang berada di lingkungannya masing-masing melaksanakan gotong royong.

 

"Ini harus dimaknai bagian dari bagaimana kehadiran pemerintah bersama masyarakat untuk melakukan kegiatan bersama gotong royong di lingkungan masing-masing," tuturnya.

 

Pencanangan BBGRM ke-19 bertemakan "Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Jaga Semangat Gotong Royong Sebagai Warisan Budaya Nusantara" ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Kukar H Rendi Solihin dan beberapa pejabat lainnya. Dirangkai dengan penyerahan secara simbolis Dana Santunan Jaminan Kematian bagi keluarga Kepala Desa Long Beleh Haloq Saiful Anwar, dan penyerahan secara simbolis peralatan gotong royong bagi masyarakat berupa sekop, cangkul, dan sapu lidi. Serta peninjauan UMKM di Gedung Serbaguna Kantor Desa Loh Sumber.

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim HM FAISAL, Asisten II Pemkab Kukar Wiyono, Ketua KONI Kukar Rahman, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar, sejumlah Camat , dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) serta Para Kepala Desa di Kecamatan Loa Kulu. (prokom07).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini353 pengunjung
Minggu Ini3.149 pengunjung
Bulan Ini13.258 pengunjung
Total Pengunjung196.885 pengunjung
Total Klik7.786.135 Kali