PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rakor Penanganan Banjir di Kembang Janggut dan Tabang Digelar, Korban Didata untuk Pendistribusian Bantuan

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    136 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) Hamly didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kukar Edi Mardian memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait penanganan banjir Kecamatan Tabang dan Kecamatan Kembang Janggut di Ruang Rapat Sekda Kukar di Tenggarong, Senin (30/5).

 

Rakor ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan Bupati Kukar Edi Damansyah dengan beberapa OPD ke Kecamatan Kembang Janggut pada Jumat (27/5) pekan lalu. Dalam kunjungan tersebut bupati berharap agar bantuan yang diberikan kepada korban terdampak banjir segera terdistribusikan, dan tidak ada warga yang kekurangan pangan. 

Mengingat hal itu, Hamly berharap dinas instansi terkait dapat segera mendata dengan akurat sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak tumpang tindih. 

 

Camat Tabang Faisal dan Sekcam Kembang Janggut beserta unsur Forkopimcam, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Arfan Boma, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wahly, serta beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Tabang, Kenohan dan Kecamatan Kembang Janggut turut menghadiri rakor ini. 

 

Hamly melaporkan, saat ini telah dipersiapkan pendirian dapur umum di sejumlah lokasi yang telah ditentukan sebagai bagian dari prosedur penyaluran bantuan di lokasi terdampak banjir. Perencanaan bagaimana memaksimalkan sumber daya yang ada di beberapa dinas instansi yang menangani berkaitan bencana di Kukar juga dievaluasi. 

 

Sebagaimana diketahui, saat ini Kecamatan Kembang Janggut dan Tabang dilanda banjir tahunan, hal ini biasa terjadi di wilayah Kukar. Sebagaimana tipikal banjir di wilayah hulu, wilayah yang berada di dataran rendah di bawah dua kecamatan ini juga akan terdampak banjir kiriman seperti Kenohan, Muara Kaman, Kota Bangun. Namun kecamatan Tabang, Kembang Janggut, dan Kenohan yang biasanya terdampak paling parah. 

 

Untuk mengantisipasi lonjakan banjir, seluruh instansi terkait menyatakan siap untuk penanggulangannya sesuai tupoksi masing-masing. Untuk bahan pangan yang diperlukan warga dinyatakan sudah siap, hanya terkendala mahalnya biaya angkutan barang atau transportasinya ke wilayah yang terdampak banjir. Sementara biaya tersebut tidak masuk dalam pembiayaan rekening Pemkab Kukar maupun dinas instansi lainnya. 

 

Untuk itu Hamly berharap bantuan para perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Tabang, Kenohan dan Kembang Janggut untuk dapat membantu biaya operasional tersebut. Para perusahaan di kecamatan tersebut tidak diminta untuk menyediakan bantuan sembako, mengingat Dinsos Kukar mendapat bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI berupa 1.000 paket lauk pauk siap saji, 300 paket makanan anak, 300 lembar selimut, 300 lembar kasur,20 unit velbed, 100 paket family kits, 100 paket kids ware, dan dua unit tenda serba guna. 

 

"Barang segera dikirim dari Gudang BBPPKS Banjarmasin ke Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini," ujar Hamli. (Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini376 pengunjung
Minggu Ini3.172 pengunjung
Bulan Ini13.281 pengunjung
Total Pengunjung196.908 pengunjung
Total Klik7.787.876 Kali