PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sebagai Pemrakarsa Rita Raih Piagam Penghargaan MURI

Sosial Budaya    9 tahun yang lalu   
   1296 Kali

Sumber Foto: Bupati Rita Widyasari bersama Ketua Aksi Tebar 3 juta Bibit Ikan Premi Nurhuda foto bersama. Keduanya dengan bangga menunjukkan piagam penghargaan MURI sebagai Yang Paling.(joe)

TENGGARONG – Museum Rekor Indonesia (MURI) menyerahkan piagam penghargaan bagi Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari sebagai pemrakarsa  Penebaran Bibit Ikan Terbanyak . Jumlahnya mencapai 3 juta ekor lebih di sebar di Sungai Mahakam sepanjang hampir 70  kilometer. 


Penyerahan piagam penghargaam MURI itu dilakukan Menejer MURI Lia Siregar di Dermaga Tenggarong Sabtu (29/6). Dilanjutkan dengan penebaran bibit ikan ke sungai Mahakam dilakukan selain Bupati Rita Widyasari juga  turut menebar Direktur Pemasaran Kemenparkraf RI Ekse Rastuti, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten serta masyarakat.

Ketua pelaksana aksi Tebar 3 Juta Bibit Ikan Premi Nurhuda  yang juga  meraih Piagam Penghargaan MURI sebagai Penyelenggara Yang Terbanyak menebar bibit ikan mengatakan ada 5 jenis bibit ikan yang ditebar ke sungai Mahakam dimulai di Desa Sepatin di kawasan Delta Mahakam hingga di perairan kota Tenggarong. “Atau disebar kurang lebih sepanjang 70 kilometer Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam,” katanya. Ke 5 jenis ikan itu adalah Gurami 20 ribu ekor, Patin 235 ribu, Lele 128 ribu ekor dan Nila 931 ribu ekor. “Terbanyak  adalah nener atau anakan ikan Bandeng sebanyak 2 juta ekor,” katanya. Dikatakan tujuan tebar bibit ikan di Mahakam ini selain untuk memecahkan rekor MURI yang selama ini dipegang kota Tarakan juga bentuk kepedulian generasi muda terhadap lingkungan khususnya kelestarian biota Mahakam. Dengan populasi ikan yang lebih banyak tentu akan memberikan kemakmuran bagi warga terutama nelayan yang mencari ikan di Mahakam. Menurutnya 3 juta lebih bibit ikan itu selain didapat dari bantuan  dari perusahaan yang beroperasi di Kukar juga  sumbangan warga melalui kotak dana  yang tersebar di kantor pemerintah dan tempat tempat strategis lainnya.

Sementara  Manejer MURI Lia Siregar mengatakan ada 4 kriteria untuk mendapatkan piagam penghargaan dan ditetapkan sebagai rekor Indonesia dan Dunia. Keempat   adalah  Yang Paling, Yang Unik, Yang Pertama dan Yang  Langka. “Aksi Tebar Bibit Ikan  di Mahakam  adalah Yang Paling banyak jumlah  ikan yang di tebar,” ujarnya.

Bupati Rita Widyasari mengharapkan aksi  Tebar 3 juta Bibit Ikan dijadikan momentum untuk lebih peduli terhadap kelestarian Mahakam. Dengan cara menjaga kualitas  airnya sehingga tidak tercemar dan tidak membuang sampah  ke Mahakam. Karena  selama ini DAS Mahakam telah banyak memberikan kontribusinya  bagi kesejahteraan masyarakat. “Sejak nenek moyang kita bahari kala hingga kini,” demikian ujarnya.


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini249 pengunjung
Minggu Ini2.943 pengunjung
Bulan Ini13.179 pengunjung
Total Pengunjung198.036 pengunjung
Total Klik7.983.922 Kali