PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Semangat Dalam Mempelajari Al-Qur’an dan Mengukir Prestasi Terbaik

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    773 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono, sekaligus membuka secara resmi pemusatan latihan (Trainning Centre) Kafilah Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan mengikuti Musyabaqah Tilawatil Qur’an MTQ ke 42 Tingkat Provinsi Kaltim di Kota Bontang, April mendatang. Kegiatan tersebut berlangsung di Sekretariat LPTQ dijalan Jelawat Kelurahan Timbau Tenggarong, Senin malam (1/3/2021).

 

Sunggono yang juga sebagai Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kukar membacakan amanat tertulis Bupati Kukar mengatakan, pelaksanaan MTQ sangat penting dalam menyemai bibit unggul penggerak budaya Islam, MTQ mampu melanggengkan dinamika budaya Islam melalui perlombaan kesenian Al-Qur’an, berupa melantunkan ayat ayat suci Al-Qur’an secara tartil maupun berirama, menghafalkan ayat ayat suci Al-Qur’an, menjelaskan isi dan kandungan Al-Qur’an, serta kepiawaian dalam mengolah teks ayat ayat suci Al-Qur’an ke dalam tulisan yang dekoratif dan imajinatif melalui kaligrafi Islam, tanpa mengabaikan etika dan estitika Islam.

 

MTQ juga merupakan wahana untuk memuliakan Allah SWT dan Nabi Muhammmad SAW yang membawa Risalah Al-Qur’an. Sebab Al-Qur’an bukanlah semata-mata teks, melainkan Kalamullah. 

 

Hanya dengan mempedomani Al-Qur’an inilah maka kaum muslimin, khususnya generasi muda milenial kita dapat hidup diatas manhaj (jalan atau cara) beragama sebagimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

 

Untuk itu, Sunggono berharap TC ini dapat terselenggara dengan baik dan mampu mendorong terciptanya prestasi bagi para qori-qoriah, Hafiz-Hafizah, Mufassir-Mufassiroh, Khathath-Khathathah, para pensyarah Al-Qur’an, para pemakalah Al-Qur’an, para peserta Fahmil Quran dan lain- lain.

 

Sunggono juga berharap para peserta TC agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan mengikuti instruksi dari para pelatih dengan baik dan senantiasa memiliki semangat dalam mempelajari Al-Quran sekaligus dapat mengukir prestasi terbaik didalam ajang MTQ nanti dan mengulangi sukses prestasi MTQ di tahun sebelumnya. “Prestasi kalianlah yang menjadi sumber prestise Pemkab Kukar, sebab bakat yang dimiliki oleh kalian hingga mampu membuahkan juara menjadi bukti kebanggaan kita semua.

 

Satu hal yang sangat penting untuk kita yakini bahwa proses tidak mungkin mengkhianati hasil. Insya Allah, ikhtiar ini akan mengulang kesuksesan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi Juara Umum MTQ ke 42 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 yang akan datang,” ungkap Sunggono.

 

Dan yang tak kalah penting, kata Sunggono juga berpesan agar peserta TC mengikuti instruksi pelatih dan selalu mentaati protokol kesehatan.

 

 Sementara itu menurut Ketua Panitia Pelaksana H Ihsan Nul Karim mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengupgrade dan meningkatkan kualitas kita dalam rangka berlomba lomba didalam kebaikan sekaligus meningkatkan syiar agama didalam arena MTQ Tingkat Provinsi Kaltim. Pemusatan latihan ini sendiri berlangsung dari Tanggal 1 - 28 Maret 2021, diikuti 56 peserta yang dibagi dalam 3 gelombang, meliputi cabang tahfiz, kaligrafi, syarhil Quran, Fahmil Quran,Tilawah serta cabang hadist, jelasnya.(Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini24 pengunjung
Minggu Ini1.040 pengunjung
Bulan Ini4.725 pengunjung
Total Pengunjung75.317 pengunjung
Total Klik1.977.645 Kali