PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sultan Terkesan Kaseh Selamat Dilaksanakan di Kampong Kutai

Sosial Budaya    6 tahun yang lalu   
   605 Kali

Sumber Foto: berkesan; Sultan HAM Salehoeddin II berbicang dengan Sekda Kukar Edi Damansyah pada acara Kaseh Selamat HUT ke 90 tahun dirinya yang dilaksankan di Kampong Kutai.

TENGGARONG - Perayaan ulang tahun  atau'Kaseh Selamat' ke-90 Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin II yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar), cukup bekesan bagi Sultan ke 20 tersebut, Jumat (31/10).

Pasalnya, acara Kaseh Selamat dilaksankan di arena Kampong Kutai dengan gambaran suasana pemukiman masyarakat asli tempo dulu. "Sultan memang sangat menyukai keberadaan Kampong Kutai ini, bahkan beliau pernah dua hari berturut-turut kesini untuk sekedar menikmati suasana, jadi beleiau cukup terkesan," ujar Dedi yang merupakan kerabat sekaligus ajudan Sultan HAM Salehoeddin II tersebut, saat  ditemui disela-sela acara.

Selain itu menurut Dedi, kegiatan Kaseh Selamat itu juga merupakan kejutan, karena sebelumnya Sultan tidak mengetahui bahwa acara syukuran yang dilaksanakan Disbudpar di kampong Kutai itu sekaligus merupakan acara Kaseh Selamat.

Tampak Sultan selalu tersenyum pada kegiatan itu, dengan kegiatan yang dikemas secara sederhana diawali dengan pembacaan doa dan pemotongan nasi kuning yang ditata menyerupai tumpeng, lengkap dengan udang galah mahakam sebagai lauknya. Selain nasi kuning, hidangan khas Kutai lainnya yang diajikan yaitu nasi kebuli, ubi rebus dengan sambal dan ikan asin goreng, serta berbagai jajanan khas lainnya.

Kepala Disbudpar Kukar Sri Wahyuni dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan syukuran setelah dilaksnakannya kegiatan Festival Kota Raja, guna memeriahkan hari jadi Tenggarong ke-232 yang berjalan lancar dan sukses.

"FKR berjalan lancar dan sukses juga tak terlepas dari doa restu Sultan, sehingga kami melaksanakan syukuran seperti ini sekaligus merayakan Kaseh Selamat ke-90 untuk Sultan," ujar Sri.

Sementara Sekretaris Daerah Kukar Edi Damansyah yang hadir pada acara tersebut atas nama Pemkab Kukar mengucapkan selamat ulang tahun ke-90 kepada Sultan. Edi mengatakan keberadaan Sultan telah banyak memberikan nasehat dan bimbingan dalam hal melaksanakan tugas sebagai pemerintah untuk melayani masyarakat, serta nasehat dalam kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga.

"Semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga kami (Pemkab.red) bisa terus mendapatkan nasehat dari Sultan, khususnya dalam hal pemerintahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," harapnya. Acara tersebut selain dihadiri beberapa Kepala Nagian dilingkungan Setkb Kukar, juga dihadiri pimpinan Bank Kaltim dan Bank BRI cabang Tenggarong sekaligus mngucapkan selamat.

Untuk diketahui, Kampong Kutai adalah kegiatan Festival Kota Raja (FKR) dalam rangka memeriahkan hari jadi Tenggarong ke- 232.Kegiatan yang telah dilaksanakan pada 13 - 19 Oktober 2014 mengambil lokasi di areal parkir Skate Park Timbau, Tenggarong. Kehidupan masyrakat asli Kutai ditampilkan pada Sepekan Kampong Kutai tersebut.

Ada 9 bangunan rumah yang dibangun di Kampong Kutai itu, terdiri dari 2 bangunan kulit kayu, 4 berbahan daun nipah, dan 4 berbahan papan kayu. Tiga jenis bangunan tersebut menggambarkan tahapan perkembangan arsitektur bangunan asli rakyat Kutai tempo dulu.

Sri mengatakan karena letaknya di jalur hijau ditepi sungai mahakam, bangunan  Kampong Kutai tersebut tidak dibuat permanen dan akan di bongkar. "Insyaallah kami akan memindahkan atau membuat bangunan serupa lengkap dengan perabotnya di areal Museum Kayu, sehingga masyarakat masih bisa melihat arsitektur asli Kutai ini," ujarnya. (hayru;hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.497 Kali