PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tampilkan Busana di HKG PKK Ke-40

Sosial Budaya    9 tahun yang lalu   
   1370 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG- Kukar merupakan salah satu mutiara Indonesia yang memiliki pesona keragaman ornament dengan penuh seni tertuang dari berbagai aspek Budaya dalam balutan kain-kain indah. Dengan  peringatan HKG Ke 40 Ditarakan,  Kukar berusaha mengangkat kain tradisional yang cantik nan elok "Kain Ulap Doyo" untuk dapat lebih dikenal baik di dalam kawasan Kalimantan, nasional maupun Internasional.
Dengan lemah gemulai Alfi Alfiyatus  Shaliha  yang mewakili TP PKK Kukar Berlengak-lenggok diatas Catwalk menampilkan busana Ulap Doyo hijau kehitaman dengan  kombinasi kain katun hijau. Dengan balutan kain Ulap Doyo busana tersebut nampak bergaya dan elegan dipakai oleh Alfi. Ketua TP PKK Kukar saat dihubungi mengatakan bahwa  pemilihan kain ulap doyo pada Peragaan busana yang bertemakan bahan local merupakan kesempatan Kukar untuk memperkenalkan Kain Ulap Doyo sesuai pesan Bupati Kukar untuk mempromosikan dan mengembangkan Kain Ulap Doyo.
“Kain Ulap Doyo dengan  warna-warna terang dan berani baik di padukan dengan kelembutan bahan sifon, satin dan bahan organdy agar menjadi semakin chic sesuai dengan gaya fashion yang modern" papar Asih Ia juga menambahkan bahwa bukan hanya untuk ta’ah(bawahan  Rok) tapi juga dapat  disulap menjadi berbagai variasi, seperti gaun (dres), celana serta berbagai atasan dan jaket. Kain Ulap Doyo sebenarnya berasal dari tanaman doyo yang menyerupai pandan dan tumbuh subur di tanah kering yang agak berpasir. Serat daunnya kuat dan dapat dijadikan benang untuk ditenun, Tenunan tersebutlah yang dijadikan kain.
Ia juga berharap dengan berbagai macam promosi yang dilakukan Kukar, Ulap Doyo dapat berkembang dan terkenal di dunia fashion nasional mau pun Internasiona dan juga bisa menggugah perajin serta wisatawan domestik dan wisatawan mancanagara datang langsung ke Kutai.(hmp09)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.452 Kali