PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Upacara Peringatan Pristiwa Merah Putih Sangasanga

Sosial Budaya    9 tahun yang lalu   
   1830 Kali

Sumber Foto:


SANGASANGA - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Begitu ungkapan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengawali amanatnya sebagi Inspektur upacara parade Peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga ke 65, Jumat (27/1) pagi di lapangan Gelora Pantai Sangasanga.

Upacara parade tersebut untuk memperingati peristiwa heroik para pejuang serta masyarakat Sangasanga, yang bahu membahu merebut kembali daerahnya yang dikuasi penjajah Belanda pada malam tanggal 26 Januari 1947 silam. Sangasanga merupakan salah satu kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) itu memang kaya akan minyak, itulah sebabnya penjajah ingin menguasai kecamatan dihilir mahakam itu.

Dikatakannya, pengorbanan para pahlawan patut dikenang, dan dijadikan teladan dalam mengisi kemerdekaan yaitu bersama membangun agar Sangasanga dan Kukar umumnya lebih maju dan sejahtera.

"Kita jadikan peringatan peristiwa merah putih ini untuk memicu semangat rela berkorban,  membangun jiwa patriotisme, serta menumbuhkan semangat membangun," harap Faroek.

Gubernur juga menginginkan agar Pemkab Kukar menjadikan Sangasanga sebagai kota wisata sejarah dan budaya. Untuk itu sejarah besserta peninggalannya harus dipelihara dengan baik serta infastruktur kota minyak itu harus dibenahi.

Selain itu, Faroek juga berharap agar perusahaan yang beroperasi di Kukar khususnya di Sangasanga agar berpartisipasi membangun kota juang tersebut.

Upacara yang diperingati saban 27 Januari itu diikuti oleh unsur TNI, POLRI, Pegawai Negeri Sipil, Organisasi masyarakat dan pemuda, pelajar SD hingga SMA.

Upacara juga dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah provinsi kaltim dan kabupaten Kukar, serta para veteran.

Usai upacara, digelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sangasanga dan ramah tamah bersama veteran.(hmp03)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini18 pengunjung
Minggu Ini1.017 pengunjung
Bulan Ini5.024 pengunjung
Total Pengunjung84.685 pengunjung
Total Klik2.291.866 Kali