PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wabup Kukar : Jangan Ada Pungli Di Disdukcapil

Sosial Budaya    5 tahun yang lalu   
   706 Kali

Sumber Foto: Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah Saat memberikan arahan kepada jajaran Disdukcapil Kukar

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah secara tegas mengingatkan kepada jajaran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar bahwa  dalam proses administrasi kependudukan agar tidak ada pungutan liar (pungli). Hal tersebut disampaikannya saat memimpin apel pagi di lingkungan Disudkcapil Kukar, Senin (25/7).

Apa yang dikatakan Wabup Kukar tersebut, didasari dari hasil survey Ombudsman yang disampaikan kepada pemerintah, yang menyatakan bahwa masih didapati pungli dalam proses administrasi kependudukan yang dilakukan di Disdukcapil Kukar.

Menurutnya, Ombudsman dalam melakukan survey menerapkan dua metode pendekatan yaitu melalui metode internal dan eksternal.  Dalam hal ini, tanpa disadari oleh petugas di loket pelayanan di Disdukcapil, pernah dilakukan introgasi, dengan hasil yaitu masih ada pungli yang terjadi di Disdukcapil.

“Saya sangat menyayangkan pungli masih terjadi di Disdukcapil Kukar dan saya meminta kepada Kadisdukcapil untuk menyelesaikan hal ini secara tuntas,” ujar Wabup Kukar dengan tegas .

Menurut Edi Damansyah saat ini Pemerintah Kukar sudah banyak memberikan dukungan kepada Disdukcapil Kukar dalam membangun sistem pelayanan.  Ia juga memberikan apresiasi terhadap kinerja dan prestasi yang sudah dicapai oleh Disukcapil Kukar. Namun ia sadar dalam implementasinya di lapangan masih terdapat pejabat esselon dan jajaran di bawahnya di lingkungan Disudkcapil yang tidak aktif dan tidak memahami dengan sistem yang sudah dibangun tersebut. Akibatnya terjadi prilaku menyimpang dari beberapa oknum di Disdukcapil yang merusak sistem yang sudah ada.

“Tetap buka mata dan telinga, terutama dalam menerima masukan dan kritikan dari masyarakat, maupun dari lembaga pemerintah, maupun diluar lembaga pemerintah, dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” harap Edi Damansyah

Ia juga berharap kepada jajaran Disudkcapil untuk terus melakukan evaluasi, dalam upaya membangun system peningkatan kualitas pelayanan publik, dengan tidak terpengaruh dengan oknum yang ingin merusak sistem yang sudah berjalan dengan baik.  (hmp02)

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini194 pengunjung
Minggu Ini1.907 pengunjung
Bulan Ini6.377 pengunjung
Total Pengunjung110.260 pengunjung
Total Klik2.881.603 Kali