PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wabup Kukar Ziarah Ke Makam Pendiri Kota Tenggarong

Sosial Budaya    4 tahun yang lalu   
   1111 Kali

Sumber Foto: Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah (2 kanan), Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin (baju putih), Sekda Kukar Marli (2 kanan) dan unsur Forkopimda Kukar ketika memasang bunga lompo diatas makam Aji Imbut.

TENGGARONG -Dalam rangka memperingati hari jadi ke-234 Kota Tenggarong  yang jatuh pada 28 September, Pemkab Kukar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar acara sederhana yaitu ziarah ke makam pendiri kota Tenggarong, Rabu (28/09) kemarin, di Tenggarong. Rangkaian peringatan HUT kota Tenggarong ke-234 ini diawali dengan ziarah ke makam pendiri kota Tenggarong yaitu Sultan Kutai ke-15 AM Muslihuddin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Aji Imbut.

Kegiatan ziarah di makam Aji Imbut yang berada di kompleks Museum Mulawarman ini diikuti oleh  Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura HAM Salehoeddin II, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura HAP Adipati Praboe Anoem Sorya Adiningrat beserta kerabat, Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar diantaranya Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, Kajari Kukar Kasmin, PN Tenggarong Makmur dan Wakil Ketua DPRD Guntur,  Sekda Kukar Marli serta  Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kukar.

Wakil Bupati Kukar dalam sambutannya mengatakan Sejarah kota Tengggarong dimulai ketika Aji Imbut gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin memindahkan ibukota Kesultanan Kutai Kartanegara ke Tepian Pandan pada tanggal 28 September 1782. Perpindahan ini dilakukan untuk menghilangkan pengaruh kenangan pahit masa pemerintahan Aji Kado dan Pemarangan dianggap telah kehilangan tuahnya. Nama
Tepian Pandan kemudian diubah menjadi Tangga Arung yang berarti Rumah Raja, lama-kelamaan Tangga Arung lebih populer dengan sebutan Tenggarong dan tetap bertahan hingga kini.

Menginjak usianya yang telah dua abad lebih ini, kota Tenggarong semakin berbenah dalam setiap aspek pembangunannya. Hal ini merupakan kerja keras warganya yang ingin agar kota ini nyaman dan aman untuk dihuni. Kedepan Pemkab Kukar akan menjadikan Tenggarong sebagai kota yang dilengkapi sarana dan prasarana kota yang memadai. Selain itu, kota ini juga akan dikembangkan menjadi pusat budaya, pendidikan, ekonomi dan investasi yang penting di masa depan.

"Untuk mendukung hal itu kini telah dilakukan pembangunan berbagai fasilitas seperti diantaranya pusat pendidikan dari perguruan tinggi hingga Sekolah Unggulan, Rumah Sakit dan fasilitas infrastruktur lainnya," ujarnya. Lebih lanjut dikatakan Wabup Kukar, Ziarah ke makam yang dilakukan pada hari ini merupakan bagian dari sunnah Nabi Muhammad SAW. Dengan berziarah, kita akan selalu mengingat mati. Sehingga dengan selalu mengingat mati, kita jangan pernah melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan. Ziarah ke makam leluhur dimaksudkan untuk mengambil hikmah dari keteladanan yang telah diberikan. Karena banyak yang harus kita teladani dari para pendahulu ini.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kegiatan semacam ini perlu terus kita laksanakan dan kita pelihara. Pada dasarnya manusia selalu diperingatkan untuk senantiasa mampu menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan akhirat. ekhawatiran yang saat ini mendera kita semua adalah pengaruh dari globalisasi yang melanda dunia saat ini yang kemudian mempengaruhi sendi-sendi kehidupan kita. "Kini saatnya, kita menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk bersama-sama melanjutkan tugas berat itu akan bisa kita pikul bersama dengan persatuan, gotong royong dan kerja keras. Persatuan dan gotong royong adalah syarat bagi kita untuk menjadikan Kutai Kartanegara tetap bermartabat di Kalimantan Timur, bermartabat di mata Indonesia," ujar Edi.

Gerbang Raja menjadi tekad bersama masyarakat Kutai Kartanegara untuk maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan. Oleh karena itu, segenap daya upaya dan potensi sumber daya yang ada harus dikerahkan untuk mensukseskan program tersebut, untuk menghantarkan rakyat Kutai Kartanegara menuju Kejayaan Kutai Kartanegara 2016 – 2021. (hmp05)  


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini104 pengunjung
Minggu Ini1.287 pengunjung
Bulan Ini5.508 pengunjung
Total Pengunjung102.774 pengunjung
Total Klik2.709.006 Kali