PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wabup Promosikan Erau ke Menhan dan Alumni Lemhanas

Sosial Budaya    10 tahun yang lalu   
   1290 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Mentri Pertahanan (Menham) RI Purnomo Yusgiantoro bersama istri dan rombongan tiba di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Sabtu (16/6) siang. Untuk menghadiri jamuan santap siang dan dilanjutkan acara Ramah-tamah dan Silaturahmi dalam Rangka Kunjungan Alumni Lemhanas Kursus Reguler Angkatan (KRA) 25/1992, di Kutai Kartanegara (Kukar). Mentri kabinet jilid II bersatu itu, hadir bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak/istri, mantan Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh/istri, dan para anggota Lemhanas/istri serta artis ibu kota era 80-an Johan Untung/istri.

Rombongan mentri tersebut disambut Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf didampingi Kapolres Kukar AKBP I Gusti KB Harryarsana,  Kapolres Kukar Letkol Inf Dendy Suryadi, dan Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel serta kepla SKPD dilingkup Pemkab Kukar. Acara ini diawali pemberian cendramata oleh Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf. Pemberian itu berupa Mandao, Kain Batik, dan Anjat kepada menham/istri dan para Jendral (Purn) TNI-Polri yang tergabung dalam Alumni Lemhanas KRA 25/1992. Dalam kesempatan itu Ghufron, menyampaikan gambaran umum Kukar bahwa Kukar memiliki luas wilayah 27.263,30 km2 dan luas perairan 4.097 km2 dengan batas administratif, sebelah Utara berbatasan dengan Malinau, Timur berbatasan dengan Kutim dan Selat Makassar, serta Selatan berbatasan dengan Kubar.

Penduduk Kukar terdiri dari berbagai macam suku, yakni suku Kutai, Dayak, Jawa, Banjar, Bugis, Madura, Bali dan masih banyak suku pendatang yang berdiam di Kukar. Namun ditengah kemajemukan yang ada, masyarakat Kukar dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai, saling menghormati perbedaan yang ada.
Dalam hal perekonomian, sebagaimana telah diketahui sumber pemasukan terbesar di Kukar adalah dari sektor pertambangan, namun melalui Program Gerbang Raja yang kami canangkan, dengan visi penyelenggaraan pemerintahan sesuai azas Good Governance, peningkatan kualitas SDM, ekonomi kerakyatan dan membuka lapangan kerja dan pengembangan potensi pariwisata, agribisnis dan industri.

Selanjutnya, pemerataan infrastruktur secara kualitas/kuantitas berwawasan lingkungan, serta meningkatkan partisipasi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Pemkab Kukar secara bertahap telah melakukan pembenahan-pembenahan disegala bidang.

Demikian, pula untuk misi, terdapat tujuh misi yang harus dilaksanakan diantaranya, menciptakan pemerintahan yang baik, pertumbuhan di sektor ekonomi pertanian dan peningkatan pendapatan daerah (PAD).

"Oleh karena itu menyadari bahwa sektor pertambangan merupakan sumber yang tidak dapat diperbaharui, hal tersebut menjadi tantangan bagi kami, untuk mengelola unrenewable resources itu dengan lebih bijak, sehingga daerah ini tetap terjaga kelestarian lingkungannya," ujar Ghufron membacakan sambutan Bupati kukar, dihadapan menham dan rombongan.

Lanjut, Ghufron mengatakan bahwa sektor pariwisata, pertanian dalam arti luas dan sektor lainnya juga dioptimalkan untuk dikelola menjadi sumber ekonomi. Salah satu obyek yang saat ini terus dilestarikan dan dikembangkan oleh Pemkab Kukar untuk PAD adalah pariwisata daerah. Berkenaan dengan pariwisata, Kukar memiliki satu event yang selama ini menjadi kebanggan dan perhatian dari wisatawan domistik maupun mancanegara, yakni Pesta Adat Erau.

Dalam event ini akan ditampilkan berbagai macam kesenian daerah, olahraga tradisional dan ritual-ritual adat yang biasa dilakukan oleh suku Kutai atau Dayak. Pesta Adat Erau tahun ini akan dilaksanakan mulai dari 1-8 Juli 2012. "Saya berharap kunjungan tersebut, menjadi awal kerjasama bagi Pemkab Kukar dan Lemhanas, serta mempererat tali silaturahmi sebagai sesama umat beragama. Semoga mentri dan rombongan mendapatkan kesan yang baik tentang Kukar selama berada di Tenggarong," harap Ghufron. Mentri dan rombongan mengakhiri kunjungannya dengan menyempatkan mengunjungi Museum Mulawarman Tenggarong, dalam kunjungan ini   rombongan dipandu langsung oleh Sekretaris Kedaton HAP Gondo Prawiro. (rahman/hmp05).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini262 pengunjung
Minggu Ini2.756 pengunjung
Bulan Ini10.518 pengunjung
Total Pengunjung255.741 pengunjung
Total Klik11.847.168 Kali